Generasi Muda Pelindung Bangsa

Bangsa Indonesia adalah bangsa yang memiliki banyak pemuda-pemudi berpikiran cemerlang dan kreatif. Namun ada beberapa pandangana yang merasa prihatin dengan makin maraknya penyebaran paham radikalisme dan terorisme yang mengincar generasi muda, terutama melalui dunia maya yang bisa mengganggu perdamaian dan persatuan di Indonesia. Segala upaya dapat dilakukan oleh perekrut terorisme untuk mendapatkan calon korban yang mudah untuk di manipulasi pemikirannya. Banyak cara yang mereka lakukan, salah satu contohnya adalah seperti iming-iming bekerja dengan pendapatan besar, melakukan tindakan keadilan dengan cara yang benar menurut mereka, dan masih banyak lagi.

Tidak ada cara lain selain kita generasi muda ini untuk terus melindungi diri sendiri dan orang lain dengan membentengi hati dan fikiran untuk tidak mudah terpengaruh bujuk rayuan para perekrut terorisme, dengan cara seperti berikut.

Kita harus mengembangkan pemikiran Islam rahmatan lil’alamin. Penyimpangan pemikiran kalangan teroris dan radikalis dalam memaknai teks-teks Al-Qur’an dan Al-Hadist, harus kita imbangi dengan harakah pemikiran sesuai dengan tafsir yang sejalan dengan nilai-nilai luhur ajaran Agama Islam. Ideologi dan theologi kekerasan harus kita lawan dengan ideologi dan theologi yang cinta damai.

Lalu penindakan, artinya harus ada ketegasan dari pihak pemerintah untuk menindak pada kelompok-kelompok teroris dan radikalis, termasuk golongan yang anti NKRI dan Pancasila.

Yang terakhir adalah pembinaan, dimana pemerintah harus mengetahui warga Negara Indonesia yang ada diluar negeri, terutama mereka yang menimba ilmu maupun yang bekerja. Bagi mereka yang terindikasi dididik oleh Negara yang didalamnya terindikasi doktrin-doktrin kekerasan, maka sebelum mereka menyebarluaskan pahamnya itu harus diadakan orientasi tentang keindonesiaan.

Oleh sebab itu, kita sebagai generasi muda yang berjiwa benar dan patut menjadi panutan haruslah mulai membiasakan diri membantu sesama dalam hal pemikiran yang benar untuk melawan paham radikalisme dan terorisme. Sebab kita inilah generasi muda yang akan menjadi pelindung Bangsa Indonesia sampai kapanpun!

 

#DamaiDalamSumpahPemuda

bangajik