Terorisme Dilawan, Bukan Diabaikan!

Tindak kejahatan terorisme akhir-akhir ini kembali mendapatkan sorotan tidak hanya dari luar negeri, di dalam negeri kita pun terorisme kembali menguak. Seperti berita yang mengatakan bahwa ada beberapa warga negara Indonesia yang bergabung dengan kelompok ISIS dengan cara terang-terangan. Namun ternyata, akhir-akhir ini Badan Nasional Penanggulangan Teroris (BNPT) menemukan modus baru perekrutan anggota ISIS di Indonesia, caranya dengan mengiming-imingi korban naik haji gratis. Ada juga modus lainnya yaitu dengan mencarikan lowongan kerja, tapi ternyata mereka tak bekerja tapi dikirim ke Irak dan Syria.

 

Peran Generasi Muda dalam Pencegahan Terorisme sangat diperlukan, karena para generasi muda lah yang akan menyuarakan kebenaran bahwa tindak terorisme itu adalah jalan yang salah untuk melakukan keadilan. Para generasi muda diharapkan mampu memberikan sosialisasi kepada masyarakat lain, seperti keluarga, kerabat, teman dan lapisan warga lainnya bahwa untuk menuntut keadilan itu tidaklah harus dengan jalan menjadi teroris. Mempercayai seseorang yang mengatakan bahwa teroris itu adalah jalan yang benar adalah hal yang sangat-sangat salah. Kita sebagai generasi muda sharus membimbing mereka yang telah mendapatkan bujuk rayuan terhadap persepsi yang seperti itu, dengan cara memberikan sedikit pendidikan dasar tentang agama yang telah kita kuasai dan memberikan pencerahan bahwa tindak teroris itu adalah hal yang salah. Dan jangan pernah mempercayai dan mengikuti bujuk rayuan seseorang yang akan mengajak kepada tindakan terorisme. Karena kita semua berhak untuk melawan terorisme, jangan mengabaikannya.

 

Dan dalam menyambut hari sumpah pemuda yang jatuh pada tanggal 28 Oktober nanti, kita sebagai generasi muda bisa memberikan sosialisasi dan apapun hal yang dapat kita lakukan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat di Indonesia untuk menemukan jalan keadilan dengan cara harus berdamai dan mencari solusi yang terbaik tanpa harus melakukan tindakan kasar dan anarkis apapun.

 

Karena itu, kita semua harus #DamaiDalamSumpahPemuda .

bangajik