Menghindari Pengaruh Paham Kekerasan

Usia seperti kita yang masih muda, sering timbul gejolak semangat perubahan dan idealism yang tinggi. Semangat tersebut sangat penting, karena mereka yang cenderung apatis dan tidak peka terhadap lingkungan social justru sangat disayangkan. Hanya saja semangat dan gejolak tersebut harus diarahkan untuk kepentingan dan kegiatan yang positif. Banyak idealism yang tinggi di kalangan muda yang dimanfaatkan kelompok radikal kekerasan. Karena dari itu, apa yang harus dilakukan untuk menghindari pengaruh tersebut? Ini dia beberapa caranya:

  1. Mendukung setiap upaya perdamaian bak yang dilakukan oleh perseorangan, organisasi maupun pemerintah. Banyak sekali kegiatan yang dilakukan baik oleh ormas kemasyarakatan dan keagamaan begitu juga oleh pemerintah dalam rangka membangun perdamaian.
  2. Sering mengikuti kegiatan dan acara dialog publik serta kegiatan yang mempromosikan perdamaian. Isilah aktifitas dengan kegiatan ositif misalnya mengikuti acara yang mempromosikan perdamaian untuk menambah wawasan diri kita.
  3. Dapatkan pengetahuan yang memadai tentang keberagaman dan perdamaian. Dari berbagai kegiatan dan forum tersebut kita akan terbuka terhadap perbedaan dan mengetahui bagaimana pentingnya membangun perdamaian.
  4. Belajar untuk terlibat dalam proyek perdamaian dan dialog ke-bhineka-an. Ini menjadi poin penting bagi kita baik di sekolah maupun dilingkungan sekitar untuk terlibat aktif dalam kegiatan yang mempromosikan perdamaian dan menghargai perbedaan.
  5. Buatlah komunitas-komunitas kecil baik dilingkungan sekolah maupun pertemanan untuk mengkampanyekan perdamaian dan keberagaman di lingkungan sekitar.

Keterlibatan kita dalam kegiatan perdamaian dan terlibat aktif langsung dalam kegiatan tersebut akan memberikan wawasan yang luas dan sikap yang moderat dalam menyikapi perbedaan yang sudah menjadi bagian ilmiah dan ciri khas bagi kehidupan manusia baik beragama, berbangsa dan bernegara.

Perbedaan adalah kodrat ilahi yang tidak bisa dipungkiri dan tidak bisa dipaksakan untuk mejadi satu. Apa yang bisa dilakukan adalah merajut perbedaan itu dalam kesatuan persaudaraan, kesatuan kebangsaan, dan kesatuan bernegara dalam mewujudkan perdamaian bagi semuanya. Indonesia dibangun oleh tetes darah perjuangan anak bangsa dari lapisan etnik, agama, suku dan bangsa yang beragam. Semuanya mempunyai jasa dan perjuangan berharga yang harus terus kita pertahankan bersama sebagai generasi muda.

Selalu damai yaa.

#DamaiDalamSumpahPemuda

bangajik